Wednesday, October 17, 2012

Compile C++ dengan Terminal Ubuntu

Selamat sore semua pembaca setia KangSaGa.com
baru aja pas nyantai ada temen pengen ngompile C++ lewat terminal.
oke ane share tutorial singkatnya.
Yang perlu dipersiapkan :
1. Laptop yang berbasis Ubuntu tentunya
2. Kesiapan Mental (kayak mw perang aja.hehehe)
3. Camilan/Kopi (biar tambah mantap)

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Install compiler C++. kita pake gcc
$sudo apt-get install gcc
2. Jika sudah selesai kita bisa memulai untuk menuliskan scriptnya
3. Buka Gedit, masukkan syntax nya
#include <stdio.h>
int main()
{
printf ("Hallo, saya sedang belajar \n");
return 0;
}
4. Simpan file tersebut dengan nama hello.c
5. Buka terminal (CTRL+ALT+T)
6. Ketik perintah berikut
gcc hello.c -o hello
7. Ketik perintah selanjutnya
./hello
 inilah hasilnya


4 comments:

Ade Malsasa Akbar said...

Terima kasih, Kang. Benar, www memang terbiasa tidak saya ketik.

Saya sangat senang menemukan blog Linux baru. Termasuk punya akang ini :D

pingsut said...

ikut nyimak Kang... lama tak singgah kesini... :)

SaGa said...

monggo kang pingsut...masih belum sempet untuk update artikel lagi...hehehehe :)

Unknown said...

mantab gan, ane ijin menyimak :)

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Kang SaGa